PT. MASTERPIECE JASA, Layanan :

JASA MENGURUS NIB API +IMPORT

API Online - Kementrian Perdagangan Indonesia

JASA NIB API EKSPOR

JASA NIB EKSPOR IMPOR

JASA NIB TAMBAH BIDANG USAHA

JASA NIB RUBAH BIDANG USAHA

JASA NIB PINDAH ALAMAT

JASA NIB JAKARTA PUSAT

JASA NIB JAKARTA BARAT

JASA NIB JAKARTA UTARA

JASA NIB JAKARTA SELATAN

JASA NIB JAKARTA TIMUR

JASA NIB BEKASI – TANGERANG

JASA NIB BOGOR

Izin Usaha di Indonesia

Izin usaha penting untuk semua bisnis di Indonesia. Banyak bisnis di seluruh negeri tidak akan diizinkan untuk berpartisipasi dalam aktivitas bisnis apa pun jika mereka tidak memiliki izin bisnis yang sah secara hukum. Oleh karena itu, setiap pemilik perusahaan di Indonesia harus mengetahui perizinan tersebut.

Jenis Lisensi Bisnis Utama
Alasan Memperoleh Izin Usaha di Indonesia
Persyaratan Izin Bisnis
Prosedur Permohonan Izin Usaha
Topik-topik terkait
Bagaimana Sukses Berbisnis di Indonesia
Saya ingin Mendirikan Perusahaan PT Lokal sebagai Orang Asing
Bagaimana Saya Berinvestasi di Perusahaan Indonesia?
Bagaimana Orang Asing Dapat Memulai Bisnis di Indonesia
Industri Terbaik untuk Pengusaha Baru di Indonesia
Izin Usaha Indonesia
Izin usaha adalah bagian penting dari proses memulai dan memiliki perusahaan di Indonesia. Undang-undang negara melarang kegiatan bisnis tertentu dilakukan jika bisnis yang dipermasalahkan tidak memiliki izin bisnis yang diperlukan. Bisnis apa pun yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan lisensi atau izin dapat mengajukan permohonan untuk itu. Jika otoritas pemerintah puas dengan aplikasi tersebut, izin usaha akan dikeluarkan.

Peraturan 24/2018
Undang-undang utama yang mengatur tentang pemberian izin usaha di Indonesia adalah Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Undang-undang ini lebih dikenal dengan “Peraturan 24/2018”. Peraturan 24/2018 dibagi menjadi lima subtopik: sistem Online Single Submission (OSS), reformasi izin, nomor identitas usaha (NIB), izin usaha, dan izin komersial dan operasional.

OSS adalah sistem yang memfasilitasi pemrosesan izin usaha. Ini dapat digunakan atas nama orang-orang seperti gubernur, menteri, walikota, kepala instansi pemerintah, bupati, dan otoritas resmi lainnya. OSS dapat digunakan oleh semua jenis badan usaha termasuk kemitraan, perseorangan, perseroan terbatas, dan perusahaan milik negara, antara lain. Di antara hal-hal yang dapat diproses melalui penggunaan OSS adalah izin usaha, NIB, izin komersial dan operasional, dan Rencana Perekrutan Tenaga Kerja Asing (RPTKA).

Peraturan 24/2018 juga mewajibkan otoritas terkait untuk memulai proses reformasi izin usaha. Reformasi izin usaha mencakup reklasifikasi, penghapusan, penggabungan, perubahan nama, dan perubahan persyaratan izin bila diperlukan. Ini juga menjelaskan prosedur yang diperlukan untuk menerima lisensi. Ada 20 sektor usaha yang perizinannya harus direformasi perizinannya. Diantaranya adalah pertanian, kehutanan, perdagangan, komunikasi, pariwisata, pendidikan tinggi, dan tenaga nuklir. Pelaksanaan reformasi perizinan di sektor-sektor yang tidak disebutkan dalam PP 24/2018 dilakukan sesuai dengan regulasi yang ada di sektor tersebut.

Semua bisnis harus mengajukan NIB dengan menggunakan OSS. NIB adalah nomor unik yang diberikan untuk setiap bisnis yang akan berfungsi sebagai alat identifikasi untuk setiap bisnis. NIB digunakan oleh bisnis untuk mengajukan izin yang mungkin diperlukan. Ini juga berfungsi sebagai sertifikat pendaftaran perusahaan, nomor identifikasi impor, dan bukti partisipasi dalam program jaminan sosial pemerintah untuk kesehatan dan ketenagakerjaan. NIB berlaku selama kegiatan bisnis perusahaan dilakukan. Ini dapat dicabut oleh otoritas pemerintah atas pelanggaran salah satu persyaratan NIB oleh bisnis yang memilikinya. Untuk mendapatkan NIB, bisnis harus mendaftar di OSS dengan menyerahkan informasi seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nomor akta pendirian atau nomor identitas kewarganegaraan (tergantung apakah pemohon adalah badan usaha atau perorangan), dan bidang usaha dimana kegiatan bisnis akan dilakukan.

PP 24/2018 juga menyebutkan bahwa ada tiga jenis usaha yang membutuhkan izin usaha untuk beroperasi. Usaha yang tidak memerlukan infrastruktur untuk menjalankan kegiatan usahanya, usaha yang membutuhkan tetapi belum memiliki sarana untuk melakukan kegiatan usaha, dan usaha yang membutuhkan dan mempunyai prasarana untuk melakukan kegiatan usaha. Usaha yang membutuhkan infrastruktur tetapi belum memilikinya harus terlebih dahulu mengajukan izin lokasi, izin air, dan izin lingkungan; semua ini dikeluarkan berdasarkan komitmen. Bisnis dengan izin dapat mengubah luas lahan mereka; melakukan kegiatan produksi dan komisioning; pengadaan tanah, sumber daya manusia, sarana, dan prasarana; dan membangun serta mengoperasikan gedung. Izin bisnis berlaku sampai bisnis tidak lagi menjalankan operasi bisnis kecuali hukum atau peraturan yang relevan menyatakan sebaliknya.

Peraturan Pemerintah No. 24 tahun 2018 tentang Layanan Perizinan Usaha Elektronik Terpadu.

Salah satu mandat dari Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 adalah untuk mendirikan apa yang disebut portal Online Single Submission (NIB OSS), sebuah platform online yang mengintegrasikan proses penerapan beberapa lisensi regulasi di satu tempat.

Sebagai hasil dari penerbitan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah menangguhkan semua pemrosesan dan penerbitan izin dan lisensi pada tanggal 29 Juni 2018.

Sehubungan dengan aplikasi yang diajukan sebelum 29 Juni th 2018, Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 mengatur bahwa aplikasi tersebut akan diproses oleh portal OSS. Semua peraturan dalam peraturan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Pada 9 Juli 2018 yang lalu, Darmin Nasution sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian bersama para Menteri dan kepala lembaga terkait meresmikan penerapan Sistem Pengiriman Tunggal Online (NIB OSS). NIB OSS adalah sistem yang memfasilitasi Komunitas Bisnis dalam memperoleh izin usaha dari lembaga terkait.

Komunitas bisnis dapat mengakses NIB OSS kapan saja dan di mana saja.

OSS adalah upaya pemerintah untuk menyederhanakan lisensi bisnis. Sekarang, komunitas bisnis tidak harus pergi ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu “PTSP” setempat untuk mengurus berbagai lisensi bisnis. Hanya dengan mendaftar di halaman OSS dan mengisi data yang ada, komunitas bisnis mendapatkan lisensi bisnis

Kami PT masterpiece jasa membuka layanan jasa pengurusan NIB diseluruh wilayah Indonesia :))