Jasa Perpanjang SIUP3A Kantor Perwakilan Asing

Bagaimana cara mendirikan Kantor Perwakilan (KPPA) di Indonesia?

Ketika orang asing ingin terlibat dalam pengawasan pasar, jaringan, mencari peluang bisnis atau memberikan dukungan manajerial lainnya di Indonesia kepada perusahaan induknya di luar negeri, ia perlu mendirikan kantor perwakilan asing (umum) di Indonesia: Kantor Perwakilan Perusahaan Asing, disingkat KPPA ). Kantor ini adalah perwakilan lokal dari perusahaan induk asing. Perlu ditekankan bahwa kantor perwakilan asing ini dilarang keras terlibat dalam kegiatan komersial dan menghasilkan pendapatan / laba, mengirim faktur, dll. Untuk kegiatan bisnis semacam ini diperlukan perusahaan investasi asing (PT PMA).

Sering terjadi bahwa investor asing membuka kantor perwakilan di Indonesia terlebih dahulu untuk ‘mengenal pasar’. Jika temuannya positif, maka dia bisa membuka PT PMA. Keuntungan dari membuka kantor perwakilan pertama adalah bahwa ia tidak memerlukan investasi modal besar dan merupakan cara yang relatif mudah dan cepat untuk membentuk badan hukum di Indonesia. Bertentangan dengan PT PMA (yang dibatasi oleh Daftar Investasi Negatif), sebuah kantor perwakilan dapat didirikan di sebagian besar – tetapi tidak semua (!) – sektor industri (misalnya, firma hukum tidak dapat membuka kantor perwakilan di Indonesia).

Indonesia adalah pasar yang menggiurkan bagi para pengusaha asing karena penduduknya yang sangat besar (kekuatan konsumen yang besar), upah minimum yang rendah, dan sumber daya alam yang melimpah. Namun, jika Indonesia adalah pasar baru untuk Anda, atau, jika Anda tidak yakin apakah produk, jasa atau proyek Anda dapat menjadi sukses, atau sumber keuangan Anda terbatas, Anda disarankan untuk membuka “Kantor Rep” terlebih dahulu, dan gunakan badan hukum ini untuk menjelajahi pasar, mempromosikan produk Anda, menemukan mitra bisnis (distributor) dan berkenalan dengan budaya (bisnis) Indonesia. Namun, kami tekankan lagi, Anda tidak dapat menggunakan “Kantor Rep” Anda untuk menghasilkan laba atau terlibat dalam aktivitas bisnis langsung.

Selain menjadi pilihan yang jauh lebih murah dibandingkan dengan PT PMA, keuntungan dari Kantor Reputasi adalah bahwa Anda memiliki 100 persen (asing) kontrol atas badan hukum ini dan tidak ada persyaratan direktur atau pemegang saham. Namun, kami menekankan di sini, karena ini kadang-kadang disalahpahami, bahwa harus ada perusahaan induk asing di luar negeri sebelum Anda dapat membuka Kantor Pusat di Indonesia. Strategi yang sering digunakan oleh perusahaan asing adalah bahwa Kantor Pusat mempromosikan dan menawarkan produk perusahaan induk kepada pengecer / klien Indonesia (faktur kepada klien Indonesia dikirim oleh perusahaan induk di luar negeri). Kemudian, setelah portofolio klien yang kuat telah ditetapkan, perusahaan asing memutuskan untuk membuka PT PMA di Indonesia (strategi ini memang berdampak pada kewajiban pajak penghasilan perusahaan dari Kantor Repo karena dianggap “membimbing keuntungan tidak langsung untuk orang tua perusahaan di luar negeri “, ini dijelaskan lebih lanjut di bawah ini).

Selain kantor perwakilan asing, yang merupakan topik utama yang dibahas dalam bagian ini, ada juga kantor perwakilan perdagangan luar negeri (K3PA) dan kantor perwakilan jasa konstruksi luar negeri (BUJK). Keduanya merupakan entitas terpisah dari kantor perwakilan umum dan dengan demikian tunduk pada persyaratan yang berbeda (diatur oleh Departemen Perdagangan dan Kementerian Pekerjaan Umum, sedangkan kantor perwakilan asing secara umum diatur oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia, disingkat BKPM). K3PA dan BUJK tidak dibahas lebih lanjut di bagian ini. Jadi, mari kembali ke kantor perwakilan asing umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s